PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran oleh pendidik yang kurang tepat. Pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang kurang membuat peserta didik menjadi aktif. Akibatnya motivasi belajar rendah dan hasil belajar peserta didik belum mencapai ketuntasan. Tujuan peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Agi Ma'ruf Wijaya, Agi (Author), Nurul Umamah, Nurul (Author), Sumardi., Sumardi (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-01T03:02:47Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran oleh pendidik yang kurang tepat. Pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang kurang membuat peserta didik menjadi aktif. Akibatnya motivasi belajar rendah dan hasil belajar peserta didik belum mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan strategi pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) pada peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 Tanggul. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan bulan April-Mei 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 dengan jumlah sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar. Motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh skor 2,81 dengan kriteria sedang, pada siklus 2 meningkat 0.63 dengan memperoleh skor 3,44 dengan kriteria tinggi, dan pada siklus 3 meningkat 0,37 dengan memperoleh skor 3,81 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh 70,96%, pada siklus 2 meningkat 6,45% menjadi 77,41%, dan pada siklus 3 meningkat 6,46% menjadi 83,87%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dapat meningkatkan motivasi dan hasil  belajar sejarah  peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 Tanggul.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63302