Motivasi Warga Belajar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung di Keaksaraan Fungsional Anggur Dusun Karangrejo Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Program Keaksaraan Fungsional adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam menguasai kemampuan membaca, menulis, berhitung, mengamati dan menganalisis persoalan yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan potensi yang ada pada diri dan lingkungannya. Has...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Indah Qurrotul Aini, Aini (Author), H.AT.Hendrawijaya (Author), Deditiani Tri Indrianti, Indrianti (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-03T01:19:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Program Keaksaraan Fungsional adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam menguasai kemampuan membaca, menulis, berhitung, mengamati dan menganalisis persoalan yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan potensi yang ada pada diri dan lingkungannya. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi yang paling kuat dari warga belajar KF Anggur sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung adalah motivasi instrinsik karena semua motivasi instrinsik dapat menjadi alat pendorong bagi warga belajar dalam mengikuti kegiatan belajar. Sebagian besar motivasi ekstrinsik juga dapat menjadi alat pendorong warga belajar untuk mengikuti kegiatan belajar di KF Anggur sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung. Kesimpulan dari penelitian ini yakni Motivasi yang paling kuat sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung adalah motivasi instrinsik karena semua motivasi instrinsik dapat menjadi alat pendorong bagi warga belajar dalam mengikuti kegiatan belajar. Saran peneliti yaitu tutor hendaknya dapat memberikan motivasi kepada warga agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63320