Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Tamanan 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menerapkan metode inkuiri. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, kurang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ismaniar Nurul Fitra, Fitra (Author), Yayuk Mardiati, Mardiati (Author), Chumi Zahroul Fitriyah, Fitriyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-08T00:58:58Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02104 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63363
042 |a dc 
100 1 0 |a Ismaniar Nurul Fitra, Fitra  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63363 
700 1 0 |a Yayuk Mardiati, Mardiati  |e author 
700 1 0 |a Chumi Zahroul Fitriyah, Fitriyah  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Tamanan 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-08T00:58:58Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menerapkan metode inkuiri. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode inkuiri dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal meningkat menjadi 67 dan siklus 2 menjadi 69. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 sebesar 64 dan pada siklus 2 sebesar 70. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tamanan 2 Bondowoso. 
690 |a METODE INKUIRI 
690 |a BERPIKIR KRITIS 
690 |a HASIL BELAJAR 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63363 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63363  |z Get Fulltext