Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Perkalian Siswa Kelas II

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lojejer 05 wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Hal ini dikarenakan siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satu pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Lia Nur Fadilah Noviana, Noviana (Author), Titik Sugiarti, Sugiarti (Author), Mutrofin (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-11T02:00:19Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02208 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63391
042 |a dc 
100 1 0 |a Lia Nur Fadilah Noviana, Noviana  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63391 
700 1 0 |a Titik Sugiarti, Sugiarti  |e author 
700 1 0 |a Mutrofin  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Perkalian Siswa Kelas II 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-11T02:00:19Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lojejer 05 wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Hal ini dikarenakan siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satu penyebabnya siswa dalam pembelajaran hanya mencatat materi yang diberikan oleh guru dan mengerjakan soal dengan cara yang dicontohkan oleh guru sehingga siswa tidak bisa mengeluarkan idenya dan siswa menjadi bosan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dengan menerapkan pendekatan matematika realistik ini sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 67,3%, mengalami peningkatan sebesar 16,9% menjadi 84,2%. Hasil belajar siswa pada siklus I skor rata-rata klasikal sebesar 73 meningkat 6,6 menjadi 79,6 pada siklus II. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. 
690 |a Pendekatan matematika realistik 
690 |a aktivitas siswa 
690 |a hasil belajar siswa 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63391 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63391  |z Get Fulltext