Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TTW (Think Talk Write) dengan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)

Pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) merupakan model pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif berpartisipasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran untuk lebih menyenangkan, maka untuk membuat pembelajaran model TTW lebih menyenangkan perlu adanya penggunaan me...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
Hauptverfasser: Mia Aviatun Nikmah (VerfasserIn), Pujiastuti (VerfasserIn), Jekti Prihatin (VerfasserIn)
Format: Academic Paper
Veröffentlicht: UNEJ, 2015-09-15T00:35:28Z.
Schlagworte:
Online Zugang:Get Fulltext
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
LEADER 02291 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63446
042 |a dc 
100 1 0 |a Mia Aviatun Nikmah  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63446 
700 1 0 |a Pujiastuti  |e author 
700 1 0 |a Jekti Prihatin  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TTW (Think Talk Write) dengan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-15T00:35:28Z. 
520 |a Pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) merupakan model pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif berpartisipasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran untuk lebih menyenangkan, maka untuk membuat pembelajaran model TTW lebih menyenangkan perlu adanya penggunaan media pembelajaran berupa permainan monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pajarakan pada siswa kelas VII semseter genap Tahun Pelajaran 2013/2014 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peningkatan pada aspek Attention sebesar 12,29%; aspek Relevance sebesar 11,31%; aspek Confidence sebesar 9,33%; dan untuk aspek Satisfaction sebesar 11,2%. Pada aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 13,18% , sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 38,89%. Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar poin 7,12. Jadi dapat disimpulkan motivasi dan hasil belajar meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think, Talk, and Write) dengan permainan monopoli pada siswa kelas VII-F di SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo. 
690 |a Pembelajaran model TTW 
690 |a motivasi belajar 
690 |a hasil belajar 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63446 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63446  |z Get Fulltext