PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XH

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di sekolah selama ini dianggap membosankan, baik dari strategi, metode maupun teknik pembelajaran. Partisipasi belajar peserta didik cenderung pasif, pengembangan keterampilan berpikir peserta didik masih dalam tingkat rendah, dan peserta didik belum...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Alfianita Imansari, Alfianita (Author), Nurul Umamah, Nurul (Author), Suranto, Suranto (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-17T04:04:23Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02666 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63508
042 |a dc 
100 1 0 |a Alfianita Imansari, Alfianita  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63508 
700 1 0 |a Nurul Umamah, Nurul  |e author 
700 1 0 |a Suranto, Suranto  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XH 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-17T04:04:23Z. 
520 |a Berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di sekolah selama ini dianggap membosankan, baik dari strategi, metode maupun teknik pembelajaran. Partisipasi belajar peserta didik cenderung pasif, pengembangan keterampilan berpikir peserta didik masih dalam tingkat rendah, dan peserta didik belum mendapatkan fasilitas untuk mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah. Penerapan metode pembelajaran Brainstorming mendorong peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi dan memfasilitasi peserta didik berpikir kreatif dalam mencurahkan semua ide-idenya untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitasdan hasil belajar sejarah dengan menerapkan metode pembelajaran Brainstorming pada peserta didik kelas XH MAN 2 Jember. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Mei sampai Juni 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X H MAN 2 Jemberdengan jumlah 36peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitasdan hasil belajar sejarah peserta didik. Kreativitas peserta didiksecara klasikal pada siklus 1 memperoleh 65,79%, pada siklus 2 memperoleh 73,09% meningkat menjadi 11,09%, pada siklus 3 memperoleh 76,90% meningkat menjadi 5,21%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh rata-rata sebesar 74,88, pada siklus 2 memperoleh rata-rata sebesar 78,33 meningkat menjadi 4,60%, pada siklus 3 memperoleh rata-rata sebesar 80,55 meningkat menjadi 2,83%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 63,19%, pada siklus 2 memperoleh persentase sebesar 73,14% meningkat menjadi 15,74% dan pada siklus 3 memperoleh persentase sebesar 79,16% meningkat menjadi 8,23%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan kreativitasdan hasil belajar sejarah peserta kelas XH MAN 2 Jember. 
690 |a Brainstorming 
690 |a kreativitas 
690 |a hasil belajar peserta didik 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63508 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63508  |z Get Fulltext