Penggunaan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi Dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015

Dalam teori pembelajaran kognitif, model pemrosesan informasi, terdapat stimulus yang berupa materi pembelajaran. Stimulus akan masuk ke dalam sistem ingatan untuk periode waktu terbatas. Untuk bisa disimpan dalam ingatan jangka panjang, pemrosesan informasi harus disertai dengan proses pengendalian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Dyah Widya Retno (Author), Nuriman (Author), Agustiningsih (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-22T03:29:00Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam teori pembelajaran kognitif, model pemrosesan informasi, terdapat stimulus yang berupa materi pembelajaran. Stimulus akan masuk ke dalam sistem ingatan untuk periode waktu terbatas. Untuk bisa disimpan dalam ingatan jangka panjang, pemrosesan informasi harus disertai dengan proses pengendalian pelaksanaan, seperti tindakan pengulangan dan pembiasaan. Penggunaan media pembelajaran Crossword puzzle dapat membantu siswa dalam kegiatan pengulangan dan pembiasaan, sehingga siswa akan mudah dalam mempelajari materi sulit dalam IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi Dan Benda Langit di SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,33.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63552