Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sifat-sifat Persegi, Persegi Panjang

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN TLogosari 01 Bondowoso pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan lingkungan nyata dan pengalaman langsung di sekitar siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang diguna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ika Sri Wahyuningsih (Author), Titik Sugiarti (Author), Sihono (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-25T08:54:06Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01845 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_63604
042 |a dc 
100 1 0 |a Ika Sri Wahyuningsih  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63604 
700 1 0 |a Titik Sugiarti  |e author 
700 1 0 |a Sihono  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sifat-sifat Persegi, Persegi Panjang 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-25T08:54:06Z. 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN TLogosari 01 Bondowoso pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan lingkungan nyata dan pengalaman langsung di sekitar siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan pembelajaran matematik realistik, rata-rata akitivitas siswa secara klasikal meningkat dari 68,7 pada siklus I menjadi 83,2 pada siklus II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa secara klasikal yang meningkat dari 68,44 pada siklus I menjadi 81,4 pada siklus II. 
690 |a Pembelajaran Matematika Realistik 
690 |a aktivitas belajar siswa 
690 |a hasil belajar siswa 
690 |a persegi 
690 |a persegi panjang 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63604 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63604  |z Get Fulltext