PERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO

Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutama peran pendidik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dapat membantu dalam memberikan stimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Luluk Dwi Rahmatika (Author), A.T. Hendrawijaya (Author), Niswatul Imsiyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-28T01:49:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02134 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_63634
042 |a dc 
100 1 0 |a Luluk Dwi Rahmatika  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63634 
700 1 0 |a A.T. Hendrawijaya  |e author 
700 1 0 |a Niswatul Imsiyah  |e author 
245 0 0 |a PERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-28T01:49:48Z. 
520 |a Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutama peran pendidik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dapat membantu dalam memberikan stimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efektif. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Cempaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode Purposive Area. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa peran pendidik sebagai fasilitator dan menjadi teladan bagi anak di POS PAUD Cempaka Putih dalam menanamkan nilai-nilai sosial berupa sikap kerjasama, sikap disiplin dan rasa empati anak. 
690 |a Peran Pendidik 
690 |a Perkembangan Sosial Anak 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63634 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63634  |z Get Fulltext