Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengajukan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika pada siswa kelas XI MIA-G di SMA Negeri 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan wa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Maulinda Fitri Septianingrum (Author), Susi Setiawani (Author), Nurcholif Diah.S.L (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-29T00:49:07Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika pada siswa kelas XI MIA-G di SMA Negeri 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan wawancara. Soal yang diberikan kepada siswa adalah soal pengajuan masalah (problem posing). Lembar tes akan di analisis berdasarkan 3 kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengajukan masalah matematika. Penentuan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (TKBK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 tingkat yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3(kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), TKBK 0 (tidak kreatif). Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa dari siswa berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada TKBK 4 dan TKBK 2. Siswa yang berada pada TKBK 4 memenuhi semua kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan sedangkan siswa yang bearda pada TKBK 2 memenuhi kefasihan dan fleksibilitas. 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang berada pada TKBK 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi satu kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah berada pada TKBK 0 karena tidak memenuhi semua kriteria berpikir kreatif.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63643