Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto menggunakan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Nanis Dwi Utari (Author), Hari Satrijono (Author), Sihono (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-09-30T01:25:44Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02336 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63671
042 |a dc 
100 1 0 |a Nanis Dwi Utari  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63671 
700 1 0 |a Hari Satrijono  |e author 
700 1 0 |a Sihono  |e author 
245 0 0 |a Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto 
260 |b UNEJ,   |c 2015-09-30T01:25:44Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto menggunakan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas eksperimen adalah 25,65. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas kontrol sebesar 11,47. Kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 11,295 > 2,01995, sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh positif yang signifikan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto 
690 |a strategi belajar Directed Reading Thinking Activity 
690 |a kemampuan membaca pemahaman 
690 |a penelitian eksperimen 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63671 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63671  |z Get Fulltext