Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum m...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
主要な著者: Seftya Ayu S (著者), Misno A. Latief (著者), Chumi Zahroul F. (著者)
フォーマット: Academic Paper
出版事項: UNEJ, 2015-10-06T05:16:32Z.
主題:
オンライン・アクセス:Get Fulltext
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum maksimal. Komunikasi dan interaksi antar guru dan murid maupun antar murid sendiri yang berhubungan dengan pembelajaran sedang berlangsung masih kurang aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 20,46% (tidak aktif) kemudian siklus I sebesar 50,95% (kurang aktif) kemudian meningkat pada siklus II dengan menunjukkan peningkatan sebesar 68,95% (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 62,76% (cukup baik), siklus I meningkat menjadi 68,70% (cukup baik ) dan siklus II sebesar 73,91% (baik).
記述事項:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073