Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Seftya Ayu S (Author), Misno A. Latief (Author), Chumi Zahroul F. (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-06T05:16:32Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02210 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_64073
042 |a dc 
100 1 0 |a Seftya Ayu S  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073 
700 1 0 |a Misno A. Latief  |e author 
700 1 0 |a Chumi Zahroul F.  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-06T05:16:32Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum maksimal. Komunikasi dan interaksi antar guru dan murid maupun antar murid sendiri yang berhubungan dengan pembelajaran sedang berlangsung masih kurang aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 20,46% (tidak aktif) kemudian siklus I sebesar 50,95% (kurang aktif) kemudian meningkat pada siklus II dengan menunjukkan peningkatan sebesar 68,95% (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 62,76% (cukup baik), siklus I meningkat menjadi 68,70% (cukup baik ) dan siklus II sebesar 73,91% (baik). 
690 |a Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT), 
690 |a Akitivitas Belajar 
690 |a Hasil Belajar 
690 |a Penelitian Tindakan Kelas 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073  |z Get Fulltext