Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan literasi matematika siswa kelas XIA-4 di SMA Negeri 1 Ambulu. Level kemampuan literasi matematika ditetapkan oleh PISA dan terdiri dari level 1 sampai level 6. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIA-4 di SMA Negeri 1 Ambulu yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sugeng Arief Widodo (Author), Sunardi (Author), Nurcholif Diah (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-07T08:04:28Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02219 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_64122
042 |a dc 
100 1 0 |a Sugeng Arief Widodo  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64122 
700 1 0 |a Sunardi  |e author 
700 1 0 |a Nurcholif Diah  |e author 
245 0 0 |a Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-07T08:04:28Z. 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan literasi matematika siswa kelas XIA-4 di SMA Negeri 1 Ambulu. Level kemampuan literasi matematika ditetapkan oleh PISA dan terdiri dari level 1 sampai level 6. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIA-4 di SMA Negeri 1 Ambulu yang berjumlah 35 siswa. Pada penelitian ini dilakukan tes kemampuan literasi matematika. Tes tersebut terdiri dari 6 buah soal yang diadaptasi dari "PISA Released Item-Mathematics" dengan penambahan informasi dan pertanyaan yang masing-masing memenuhi indikator-indikator pada level kemampuan literasi matematika yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari tes kemampuan literasi matematika dianalisis untuk menentukan indikator manakah yang mampu dipenuhi oleh siswa. Jika terdapat siswa yang hanya mampu memenuhi sebagian indikator maka akan dilakukan wawancara dengan siswa tersebut untuk memastikan level kemampuan literasi matematika yang mampu dicapai. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik kepastian dengan sumber dan penyidik. Triangulasi dengan penyidik dilakukan dengan memilih 1 peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis untuk menentukan indikator mana saja yang bisa dipenuhi oleh siswa. Penentuan tersebut didasarkan pada hasil tes kemampuan literasi matematika dan hasil wawancara. Hasil pencapaian level kemampuan literasi matematika siswa pada penelitian ini kemudian dibandingkan dengan hasil pencapaian level kemampuan literasi matematika siswa pada survei PISA. 
690 |a Level kemampuan literasi matematika 
690 |a dan soal tes kemampuan literasi matematika 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64122 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64122  |z Get Fulltext