Pengembangan Paket Tes Soal Terbuka (Open-Ended Problem) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan

Abstrak Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penelitian yang berupa paket tes yang terdiri dari kisi-kisi tes, soal terbuka yang mencakup 4 kriteria berpikir kreatif yaitu kebaruan, kelancaran, keluwesan dan elaborasi, kriteria alternatif jawaban dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Tathmainul Qulub (Author), Hobri (Author), Susi Setiawani (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-07T08:21:51Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Abstrak Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penelitian yang berupa paket tes yang terdiri dari kisi-kisi tes, soal terbuka yang mencakup 4 kriteria berpikir kreatif yaitu kebaruan, kelancaran, keluwesan dan elaborasi, kriteria alternatif jawaban dan pedoman penskoran. Peket tes ini kemudian digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan subjek segiempat dan segitiga sesuai dengan materi SMP kelas VII. Penentuan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menggunkan skor siswa dan dilevelkan sesuai dengan 5 Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) yaitu TKBK 4, TKBK, 3, TKBK 2, TKBK 1, dan TKBK 0. Penelitian ini menggunakan prosedur four-D. Selama proses pengembangan, paket tes disebut draf. Pertama-tama dilakukan penilaian ahli oleh 4 validator ahli. Dari tahap penilaian ahli ini didapatkan nilai validitas setiap butir soal pada paket A secara berturut-turut adalah 0,966, 0,996, 0,968, dan 0,996. Sedangkan untuk nilai validasi paket B adalah 0,999, 0,999, 0,987, dan 0,999. Artinya, setiap soal pada kedua paket tes memiliki interpretasi validitas yang sangat tinggi. Selain analisis validitas, pada uji penilaian ahli juga dilakukan perbaikan terhadap saran dari 4 validator ahli agar draf yang dihasilkan layak untuk diuji cobakan ke lapangan. Pada uji coba lapangan analisis reliabilitas untuk paket A senilai 0,403914 dan B senilai 0,410742, artinya keduanya memiliki reliabilitas cukup. Secara umum pada kedua paket tes, soal nomor 1, 2, dan 3 memiliki interpretasi yang cukup baik, sedangkan soal nomor 4 memiliki interpretasi yang buruk karena tidak ada siswa yang mampu mengerjakan soal nomor 4 dengan baik dan benar. Dalam sekali uji coba lapangan ternyata secara umum draf yang dihasilkan telah memenuhi kriteria sesuai indikator berpikir kreatif maupun kriteria validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Sehingga pada akhirnya diperoleh paket tes yang baik dan layak diimplementasikan oleh peneliti lain maupun pendidik untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64129