Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SDN Mrawan 01 Jember. Hal ini dikarenakan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Tituk Handayani (Author), Rahayu (Author), Sihono (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-08T00:58:54Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01995 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_64141
042 |a dc 
100 1 0 |a Tituk Handayani  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64141 
700 1 0 |a Rahayu  |e author 
700 1 0 |a Sihono  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-08T00:58:54Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SDN Mrawan 01 Jember. Hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa rendah dan hasil belajar siswa kurang baik pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I sebesar 79 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 9,43% pada siklus II menjadi 88,43 (kategori sangat tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 60,1 (kategori cukup baik) dan pada siklus II sebesar 81,3 (kategori sangat baik). 
690 |a Hasil Belajar 
690 |a Inquiry 
690 |a Motivasi Belajar 
690 |a Penelitian Tindakan Kelas 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64141 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64141  |z Get Fulltext