Pengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap Sikap dan Pengetahuan Siswa Kelas X Pokok Bahasan Statistika

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada bulan April 2015. Sampel yang diambil adalah 2 kelas homogen yang dipilih berdasarkan keadaan lingkung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: U'ul Ulinuha Rahajeng Widhaning (Author), Susi Setiawani (Author), Dian Kurniati (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-08T02:19:10Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02085 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_64156
042 |a dc 
100 1 0 |a U'ul Ulinuha Rahajeng Widhaning  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64156 
700 1 0 |a Susi Setiawani  |e author 
700 1 0 |a Dian Kurniati  |e author 
245 0 0 |a Pengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap Sikap dan Pengetahuan Siswa Kelas X Pokok Bahasan Statistika 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-08T02:19:10Z. 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada bulan April 2015. Sampel yang diambil adalah 2 kelas homogen yang dipilih berdasarkan keadaan lingkungan kelasnya yang sesuai dengan persyaratan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas. Lingkungan Belajar Berbasis Kelas diukur menggunakan adaptasi skala (Actual Classroom Environment Scale) ACES [6], sikap diukur menggunakan Skala Sikap Siswa terhadap Matematika dan pengetahuan diukur menggunakan pre-test dan post-test yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji t (independent sample test) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap siswa (p=0,000<0,05) dan terhadap pengetahuan siswa (p=0,000<0,05). Selain itu, model regresi menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 27% terhadap sikap siswa (r2 =0,267), serta 33% terhadap pengetahuan siswa (r2). Hasil penelitian menunjukkan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa , meskipun tidak besar. Hal ini karena adanya variabel lain yang mempengaruhi sikap siswa yaitu faktor guru, faktor lingkungan belajar dan faktor lingkungan kelas. 
690 |a Lingkungan Belajar Berbasis Kelas 
690 |a sikap 
690 |a pengetahuan 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64156 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64156  |z Get Fulltext