PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya aktivit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Titik Kurniawati (Author), Singgih Bektiarso (Author), Agustiningsih (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-09T00:57:12Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01966 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_64175
042 |a dc 
100 1 0 |a Titik Kurniawati  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64175 
700 1 0 |a Singgih Bektiarso  |e author 
700 1 0 |a Agustiningsih  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-09T00:57:12Z. 
520 |a Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di SDN Klungkung 03 Jember. Pendekatan pembelajaran SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang mengkombinasikan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta memanfaatkan semua alat indra yang dapat berpengaruh besar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,37% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 82,27% dengan kategori aktif. Peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,9%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,26% m 
690 |a SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) 
690 |a HASIL BELAJAR 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64175 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64175  |z Get Fulltext