Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Siswa Kelas V c SDN Ajung 03

Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat suatu hubungan atau keterkaitan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diperoleh. Menerapkan model pembelajaran yang efektif hakikatnya adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Yayan Suryana (Author), Titik Sugiarti (Author), Sihono (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-12T01:44:00Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02449 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_64199
042 |a dc 
100 1 0 |a Yayan Suryana  |e author 
100 1 0 |a Sihono  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64199 
700 1 0 |a Titik Sugiarti  |e author 
700 1 0 |a Sihono  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Siswa Kelas V c SDN Ajung 03 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-12T01:44:00Z. 
520 |a Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat suatu hubungan atau keterkaitan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diperoleh. Menerapkan model pembelajaran yang efektif hakikatnya adalah upaya untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dan tidak terpenuhinya KKM yang ditentukan. Pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dipilih sebagai solusi untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran matematika dengan pokok bahasan volum kubus dan balok. Pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Pada pelaksanaannya, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen yang terdiri dari 5-6 siswa yang bekerjasama dan bertanggungjawab dengan tahapan: (1) persiapan; (2) penomoran (numbering); (3) pertanyaan (questioning) dan berpikir bersama (heads together); (4) pemberian jawaban (answering); (5) kesimpulan; (6) penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model adaptasi Hopkins, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
690 |a Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), 
690 |a aktivitas belajar siswa 
690 |a hasil belajar siswa 
690 |a volum kubus dan balok 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64199 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64199  |z Get Fulltext