Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berdasarkan Dimensi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan soal matematika dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII berdasarkan dimensi kognitif Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Yayuk Kuswanti (Author), Susi Setiawani (Author), Nurcholif Diah Sri Lestari (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-12T03:19:11Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02504 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_64201
042 |a dc 
100 1 0 |a Yayuk Kuswanti  |e author 
100 1 0 |a Nurcholif Diah Sri Lestari  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64201 
700 1 0 |a Susi Setiawani  |e author 
700 1 0 |a Nurcholif Diah Sri Lestari  |e author 
245 0 0 |a Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berdasarkan Dimensi 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-12T03:19:11Z. 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan soal matematika dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII berdasarkan dimensi kognitif Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan subjek penelitian adalah soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk SMP kelas VII semester 1 (edisi revisi 2014) yang disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Pedoman yang digunakan pada analisis soal adalah deskriptor pada setiap domain berdasarkan dimensi kognitif TIMSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dianalisis memuat 2,82 % deskriptor A2 (mengenali), 7,35% deskriptor A3 (menghitung), 12,43% deskriptor (mengambil), 16,38% deskriptor (mengklasifikasikan/mengurutkan), 25,4% deskriptor B1 (memilih), 9,6% deskriptor B2 (menunjukkan), 7,35% deskriptor B3 (memodelkan), 0,6% deskriptor B4 (mengimplementasikan), 7,9% deskriptor B5 (memecahkan masalah rutin), 3,38% deskriptor C1 (menganalisis), 4,52% deskriptor C3 (mengintegrasikan/menyatukan), 1,69% deskriptor C4 (membenarkan) dan 0,6% lain-lain. Secara keseluruhan berdasarkan dimensi kognitif TIMSS soal yang termasuk domain penerapan memiliki persentase paling tinggi yaitu sebesar 50,85%, diikuti dengan domain pengetahuan yaitu sebesar 38,98%, dan paling sedikit termasuk domain penalaran yaitu sebesar 9,6%. 
690 |a Dimensi Kognitif 
690 |a TIMSS 
690 |a Domain Pengetahuan 
690 |a Domain Penerapan 
690 |a Domain Penalaran 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64201 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64201  |z Get Fulltext