MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS RANGKUMAN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis rangkuman melalui strategi pembelajaran aktif model point counter point siswa kelas XI  MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, banyak strategi pembelajaran yang tersedia. Seiring den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Yeni Susanti (Author), Hari Satrijono (Author), Anita Widjajanti (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-10-12T04:54:22Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02174 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_64204
042 |a dc 
100 1 0 |a Yeni Susanti  |e author 
100 1 0 |a Anita Widjajanti  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64204 
700 1 0 |a Hari Satrijono  |e author 
700 1 0 |a Anita Widjajanti  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS RANGKUMAN 
260 |b UNEJ,   |c 2015-10-12T04:54:22Z. 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis rangkuman melalui strategi pembelajaran aktif model point counter point siswa kelas XI  MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, banyak strategi pembelajaran yang tersedia. Seiring dengan kemajuan yang terjadi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep pembelajaranpun mengalami perubahan, yaitu dari yang semula berpusat pada guru, menjadi lebih berpusat pada siswa (student centered). Metode point counter point merupakan model pembelajaran aktif yang dapat mendorong peserta didik aktif dalam menyampaikan  argumennya dalam sebuah diskusi untuk memecahkan masalah yang pada akhirnya peserta didik diarakan untuk menulis rangkuman dalam bentuk notulen diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir siklus II dan analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif model point counter point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis rangkuman siswa kelas XI MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. 
690 |a aktivitas 
690 |a hasil belajar 
690 |a model point counter point 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64204 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64204  |z Get Fulltext