Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan hasil observasi di SD Sumbersari 01 Jember terdapat permasalahan yaitu h...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: Anjani, Ratna Puji (Autor)
Daljnji autori: Nuriman (Pridonositelj), Agustiningsih (Pridonositelj)
Format: Academic Paper
Izdano: 2015-11-30T02:25:02Z.
Teme:
Online pristup:Get Fulltext
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
LEADER 03943 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_65004
042 |a dc 
100 1 0 |a Anjani, Ratna Puji  |e author 
100 1 0 |a Nuriman  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
245 0 0 |a Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 
260 |c 2015-11-30T02:25:02Z. 
500 |a 110210204105 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65004 
520 |a Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan hasil observasi di SD Sumbersari 01 Jember terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa masih rendah dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran IPA. Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih aktif karena dalam pendektan CTL menerapkan beberapa komponen utama, salah satunya konstruktivisme (constructivism). Pada kegiatan konstruktivisme siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar dan lebih memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran karena siswa mengaitkan langsung antara pengalaman dengan materi pelajaran yang mereka terima. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi siswa kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan ix kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan pendektan Contextual Teaching and Learning di setiap pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat disampaikan yaitu sebaiknya pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif, khususnya dalam pelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat memecahkan masalah melalui pengalaman langsung, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran. 
546 |a id 
690 |a Contextual Teaching and Learning (CTL) 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65004 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65004  |z Get Fulltext