Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015

Pembaharuan dalam bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pembaharuan pada pendekatan pembelajaran. Pendekatan memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, dimana peserta didik dilatih untuk belajar mengobservasi, mengajukan pertanyaan, mengu...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Jan'nah, Arda Mareta Nur (Author)
其他作者: Sulthon M., M. (Contributor), Fitriyah, Chumi Zahroul (Contributor)
格式: Academic Paper
出版: 2015-11-30T03:42:26Z.
主题:
在线阅读:Get Fulltext
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Pembaharuan dalam bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pembaharuan pada pendekatan pembelajaran. Pendekatan memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, dimana peserta didik dilatih untuk belajar mengobservasi, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis (mengasosiasi) data, dan mengkomunikasikan hasil belajar. Sesuai dengan Kemendikbud 2013 bahwa pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang agar siswa secara aktif membangun konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), observasi (mengamati), Questioning (menanya), Experimenting (mencoba/menggali informasi), Associating (menalar) dan mengkomunikasikan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Patrang 01 Jember, dimulai tanggal 23 Maret 2015 sampai dengan 30 Maret 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dengan jumlah siswa masingmasing kelas 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan x pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas V-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific, sedangkan kelas V-B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan scientific (konvensional). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil UAS semester Ganjil. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 21 dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar ,530 dengan db=69. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 2,000. Hasil < (,530 < 2,000) sehingga keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific mempunyai rata-rata sebesar 15,06 sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 9,66. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21 sebesar 3,195. Kemudian dikonsultasikan dengan dengan db=68. Diperoleh bahwa hasil > yaitu 3,195 > 2,000 sehingga dapat dilihat bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pendekatan scientific dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SDN Patrang 01 Jember tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran dalam penelitian ini adalah bagi guru diharapkan dapat memakai pendekatan scientific sebagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran di sekolah. Dari hasil peneliti dapat digunakan peneliti lain sebagai acuan untuk penelitian lebih lanjut.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65043