Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia Kelas III SDN Jember Lor 05 Tahun Pelajaran 2014/2015; Ayu Titi Nengapti

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan mata pelajaran pokok dalam pembelajaran dan berfungsi untuk mengajarkan penggunaan bahasa Indonesia secara tepat. Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada KTSP tidak terintregrasi pada mata pelajaran lain atau berdiri se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nengapti, Ayu Titi (Author)
Other Authors: Suhartiningsih (Contributor), Yuliati, Nanik (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-11-30T03:50:27Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04245 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_65050
042 |a dc 
100 1 0 |a Nengapti, Ayu Titi  |e author 
100 1 0 |a Suhartiningsih  |e contributor 
100 1 0 |a Yuliati, Nanik  |e contributor 
245 0 0 |a Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia Kelas III SDN Jember Lor 05 Tahun Pelajaran 2014/2015; Ayu Titi Nengapti 
260 |c 2015-11-30T03:50:27Z. 
500 |a 110210204011 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65050 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan mata pelajaran pokok dalam pembelajaran dan berfungsi untuk mengajarkan penggunaan bahasa Indonesia secara tepat. Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada KTSP tidak terintregrasi pada mata pelajaran lain atau berdiri sendiri, dan pada soal Ujian Akhir Semester Bahasa Indonesia kelas III SD tahun pelajaran 2013/2014 masih ditemukan ketidaktepatan dalam penulisan penggunaan bahasa Indonesia. Ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia, antara lain: penggunaan ejaan dan tanda baca, penulisan kata, dan penggunaan kalimat. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?, (2) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan penulisan kata dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?, (3) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan penggunaan kalimat dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?, dan (4) faktorfaktor apakah yang mempengaruhi ketidaktepatan dalam penulisan soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal sebagai berikut: (1) bentuk ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, (2) bentuk ketidaktepatan penulisan kata, (3) bentuk ketidaktepatan penggunaan kalimat, dan (4) ix faktor ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian ini adalah Kualitatif-Analisis. Sumber data adalah soal UAS I bahasa Indonesia kelas III. Data berupa soal yang diindikasikan salah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa ketidaktepatan dalam soal UAS I bahasa Indonesia meliputi: (1) ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca yaitu ketidaktepatan penulisan huruf kapital dan huruf kecil, ketidaktepatan tanda baca titik, tanda koma, dan tanda seru (2) ketidaktepatan penulisan kata yaitu ketidaktepatan kata baku, kata depan, dan makna kata (3) ketidaktepatan penggunaan kalimat yaitu ketidakhematan, ketidaklogisan, kevariasian, dan kesejajaran dan (4) faktor ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia dalam soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia. Adapun saran dalam penelitian ini: (1) bagi mahasiswa, sebaiknya banyak membaca buku pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) bagi guru bahasa Indonesia, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengajaran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah, (3) bagi tim penyusun soal, khususnya guru bahasa Indonesia dan guru SD sebaiknya menguasai kaidah penulisan bahasa Indonesia pada soal, (4) bagi peneliti, hendaknya hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman berharga untuk membuat soal UAS sesuai dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan (5) bagi peneliti lain, yang ingin meneliti kesalahan ejaan, penulisan kata dan penggunaan kalimat seharusnya membekali diri dengan pengetahuan tentang kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 
546 |a id 
690 |a Penggunaan Bahasa Indonesia 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65050 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65050  |z Get Fulltext