PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 01 JEMBER

Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, dan strategi belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar siswa sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penerapan Quantum Learning mengusahakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan meningkatkan kualitas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yuanis, Noviantika (Author)
Other Authors: Muchtar, Imam (Contributor), Rahayu (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-11-30T08:38:35Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04345 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_65145
042 |a dc 
100 1 0 |a Yuanis, Noviantika  |e author 
100 1 0 |a Muchtar, Imam  |e contributor 
100 1 0 |a Rahayu  |e contributor 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 01 JEMBER 
260 |c 2015-11-30T08:38:35Z. 
500 |a 110210204095 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65145 
520 |a Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, dan strategi belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar siswa sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penerapan Quantum Learning mengusahakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di pendidikan dasar dapat tercapai. Proses pembelajaran PKn di SDN Jatisari 01 Jember, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran PKn di SDN Jatisari 01 untuk materi tertentu tidak menggunakan media. Siswa hanya dapat membayangkan dan menghafal materi yang dijelaskan, sehingga konsep-konsep akademik kurang bisa dipahami siswa secara menyeluruh dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sebagai akibatnya motivasi siswa menjadi sulit ditumbuhkan yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa termasuk kategori cukup, terutama untuk mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatisari 01 Jember sebanyak 28 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, sedangkan analisis data yang digunakan pada ix penelitian ini yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini sesuai dengan siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto yang secara garis besar terdapat empat tahapan yaitu diawali dengan perencanaan (planning), penerapan tindakan/pelaksanaan (action), mengobservasi/pengamatan proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan) (Arikunto, dkk. 2014:16). Pembelajaran PKn melalui penerapan Model Quantum Learning pada pokok bahasan globalisasi di kelas IV SDN Jatisari 01 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisi data dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan skor rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada prasiklus yaitu 54,5 dan pada tahap siklus I rata-rata aktivitas siswa secara klasikal 70,83. Pada siklus II rata-rata aktivitas klasikal yaitu 82,14. Hasil belajar pada tahap prasiklus yaitu dengan nilai rata-rata 61,86. Pada tahap siklus I hasil belajar dengan nilai rata-rata 72,71. Pada tahap siklus II nilai rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa yaitu 81,53. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatiasari 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning dapat dijadikan sebagai model alternatif bagi guru untu diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga proses belajar mengajar lebih variatif dan aktivitas serta hasil belajar siswa semakin meningkat. 
546 |a id 
690 |a Quantum Learning 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65145 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65145  |z Get Fulltext