PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 KLAKAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Faktanya peserta didik didik pada saat pembel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Niasari, Rina Asih (Author)
Other Authors: Umamah, Nurul (Contributor), Suranto (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-02T02:17:57Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02305 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_65657
042 |a dc 
100 1 0 |a Niasari, Rina Asih  |e author 
100 1 0 |a Umamah, Nurul  |e contributor 
100 1 0 |a Suranto  |e contributor 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 KLAKAH TAHUN AJARAN 2014/2015 
260 |c 2015-12-02T02:17:57Z. 
500 |a 110210302062 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65657 
520 |a Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Faktanya peserta didik didik pada saat pembelajaran berlangsung cenderung pasif. Rendahnya kemampuan analisis peserta didik mengakibatkan peserta didik kurang bisa memecahkan masalah. Peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran juga belum optimal. Pendidik kurang bisa memotivasi dan mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemecahan masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merubah model mengajar pendidik dengan menggunakan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping. Pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan analisis sehingga mudah dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Klakah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik XI IPS2 di SMA Negeri 1 Klakah tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping. 
546 |a id 
690 |a Problem Based Learning 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65657 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65657  |z Get Fulltext