PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STRATAGEM DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMP 14 JEMBER

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP Negeri 14 Jember; Reza Riyady Pragita, 112310101042; 2015, 190 Halaman, Program Studi Ilmu keperawatan Universitas Jember Remaja dalam masa perkembangannya terjadi perubahan, baik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pragita, Reza Riyady (Author)
Other Authors: Purwandari, Retno (Contributor), Sulistyorini, Lantin (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-02T07:15:39Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP Negeri 14 Jember; Reza Riyady Pragita, 112310101042; 2015, 190 Halaman, Program Studi Ilmu keperawatan Universitas Jember Remaja dalam masa perkembangannya terjadi perubahan, baik secara biologis, psikologis maupun sosial, yang umumnya pematangan fisik terjadi lebih cepat dari proses pematangan kejiwaan atau psikososial. Perubahan alamiah dalam diri remaja sering berdampak pada permasalahan remaja yang cukup serius. Remaja seringkali kekurangan informasi dasar mengenai kesehatan reproduksi, dan keterbatasan dalam mengakses pelayanan kesehatan reproduksi serta terjamin kerahasiaannya. Salah satu upaya yang mampu menerangkan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi pada remaja adalah melalui pendidikan kesehatan. Proses pendidikan kesehatan didasari oleh ilmu pengetahuan yang memberi kemudahan untuk belajar, baik bagi tenaga kesehatan maupun bagi pemakai jasa pelayanan, termasuk remaja yang membutuhkan metode dan media untuk meningkatkan fokus dalam proses belajar mengajar. Pendidikan kesehatan metode stratagem media audiovisual merupakan teknik pembelajaran cooperative berkelompok dengan permainan belajar akademik yang digabungkan dengan media audio visual yang merupakan media dalam pembelajaran yang dapat didengar (audio) sekaligus dapat dilihat (visual), sehingga komunikasi dapat ditangkap melalui indera pendengaran dan indera penglihatan. Pemberian Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Media Audiovisual diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan metode stratagem media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMP Negeri 14 Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperiment design pendekatan non-equivalent x control group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja di SMP Negeri 14 Jember yang berjumlah 437 remaja. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 sampel dengan 15 remaja kelompok eksperimen dan 15 remaja kelompok kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah wilcoxon rank test dan mann withney dengan tingkat kepercayaan 95% (α < 0,05). Hasil analisis karakteristik responden didapatkan remaja yang menjadi responden rata-rata berusia 15 tahun, dan jenis kelamin remaja perempuan dan lakilaki seimbang. Hasil penelitian terjadi peningkatan yang sedikit yakni 13,3% pada kategori baik, dan 33,3% kategori cukup. Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh yang bermakna antara pendidikan kesehatan metode stratagem dan media audiovisual terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMPN 14 Jember dengan p value <0,014 dan adanya perbedaan pengaruh metode pendidikan kesehatan dengan stratagem media auidiovisual dan metode ceramah terhadap pengetahuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP Negeri 14 Jember dengan p value <0,016. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah adanya pengaruh yang bermakna antara pendidikan kesehatan metode stratagem dan media audiovisual terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMPN 14 Jember dan ada perbedaan pengaruh antara pendidikan kesehatan dengan stratagem media auidiovisual dan metode ceramah terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMP Negeri 14 Jember. Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode stratagem media audiovisual dapat diberikan kepada remaja untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja. Rekomendasi penelitian ini adalah membentuk kelompok peduli kesehatan reproduksi remaja yang berperan aktif dalam pencegahan masalah kesehatan reproduksi remaja dengan metode cooperative.
Item Description:112310101042
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65860