PENGEMBANGAN PAKET TES SOAL TERBUKA (OPEN-ENDED PROBLEM) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SMP KELAS VII

Hasil penelitian yang dilakukan Aryawati, lebih spesifik dalam bidang pendidikan khususnya mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Jember Kota menunjukkan hasil bahwa sebanyak 37,5% siswa berada pada TKBK 0 (Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif 0) atau tidak kreatif, 40% berada pada T...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Qulub, Tathmainul (Author)
Other Authors: Hobri (Contributor), Setiawani, Susi (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-02T08:31:13Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03578 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_65932
042 |a dc 
100 1 0 |a Qulub, Tathmainul  |e author 
100 1 0 |a Hobri  |e contributor 
100 1 0 |a Setiawani, Susi  |e contributor 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN PAKET TES SOAL TERBUKA (OPEN-ENDED PROBLEM) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SMP KELAS VII 
260 |c 2015-12-02T08:31:13Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65932 
520 |a Hasil penelitian yang dilakukan Aryawati, lebih spesifik dalam bidang pendidikan khususnya mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Jember Kota menunjukkan hasil bahwa sebanyak 37,5% siswa berada pada TKBK 0 (Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif 0) atau tidak kreatif, 40% berada pada TKBK 1 atau kurang kreatif, 13,33% berada pada TKBK 2 atau cukup kreatif, 6,67% berada pada TKBK 3 atau kreatif, dan hanya 2,5% siswa yang berada pada TKBK 4 atau sangat kreatif. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa khususnya di wilayah Jember kota masih cukup rendah. Berdasarkan penelitian tersebut dilakukan pengembangan paket tes soal terbuka (open-ended problem) untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif Siswa SMP kelas VII pokok bahasan segiempat dan segitiga dengan tujuan agar paket tes yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh Guru dalam identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa. Hasil tes tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan tindakan apa yang seharusnya dilakukan oleh Guru. Pengembangan paket tes mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 serta sesuai dengan prinsip soal terbuka (open-ended problem). Pada proses pengembangannya, paket tes ini diujicobakan dan dianalisis, apabila layak selanjutnya akan digunakan sebagai salah satu cara untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan berpikir kreatif setiap siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan lembar validasi oleh validator. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil uji validator ahli yang berjumlah 4 orang ix dan data hasil uji coba lapangan pada siswa. Kegiatan uji coba paket tes ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2015. Berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan, paket tes A maupun B yang masing-masing terdiri atas 4 permasalahan terdapat masing-masing satu soal yang dibuang karena memperoleh interpretasi rata-rata pada setiap aspek (validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran) rendah. Yaitu soal nomor 4. Soal nomor 4 memiliki nilai validitas rendah, sangat sukar dan daya pembeda buruk. Sehingga secara keseluruhan, paket tes ini terdiri dari 6 soal terbuka dan bertipe uraian yang setiap langkah-langkah pengerjaan mencakup 4 karakteristik berpikir kreatif yaitu kebaruan (originality), keluwesan (flexibility), kelancaran (fluency), an elaborasi (elaboration). 6 soal ini dibagi menjadi 2 paket, sehingga setiap paket terdiri dari 3 soal. Setiap soal memiliki alokasi waktu 15 menit. Dengan pemberian tingkat kesukaran soal yang cukup tinggi dan pembatasan waktu yang cukup singkat, siswa benar-benar dituntut untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kreatif, kecepatan mengerjakan, dan ketepatan jawaban. 
546 |a id 
690 |a open-ended problem 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65932 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65932  |z Get Fulltext