PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PT. PLN) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN JEMBER MELALUI TEKNIKBALANCED SCORECARD

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengukuran kinerja PT. PLN APJ Jember dengan menggunakan teknik Balanced Scorecard pada tahun 2012 hingga 2014 yang digagas oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Hasil penelitian yang dilakukan penulis secara referensial dapat digunakan sebagai al...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Murniati, Aning (Author)
Other Authors: Wasiati, Inti (Contributor), Murdyastuti, Anastasia (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-03T03:11:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04232 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_66076
042 |a dc 
100 1 0 |a Murniati, Aning  |e author 
100 1 0 |a Wasiati, Inti  |e contributor 
100 1 0 |a Murdyastuti, Anastasia  |e contributor 
245 0 0 |a PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PT. PLN) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN JEMBER MELALUI TEKNIKBALANCED SCORECARD 
260 |c 2015-12-03T03:11:21Z. 
500 |a 110910201008 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66076 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengukuran kinerja PT. PLN APJ Jember dengan menggunakan teknik Balanced Scorecard pada tahun 2012 hingga 2014 yang digagas oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Hasil penelitian yang dilakukan penulis secara referensial dapat digunakan sebagai alternatif hasil pengukuran kinerja bagi PLN APJ Jember, dimana indikator kinerja yang digunakanberbeda dan tidak terdapat pada indikator kinerja yang digunakan PLN APJ Jember.Pengukuran kinerja yang dilakukan oleh penulis didasari oleh adanya perbedaan target yang ditetapkan oleh PLN Distribusi Jawa Timur sebagai PLN pengaudit dengan target yang digunakan oleh PLN APJ Jember. Hasil pengukuran kinerja tahunan PLN APJ Jember dilaporkan PLN Distribusi Jatim terakhir tahun 2012 secara top-down, sedangkan pada tahun selanjutnya tidak dilaporkan secara terbuka dan berkala sehingga PLN Area Jember tidak dapat melakukan koreksi diri. Penelitian ini didasari dari berbagai permasalahan seperti rendahnya pelayanan prima (World Class Service) tahun 2012 PT. PLN Area Jember menduduki peringkat 3 terbawah dari 16 PLN Area di Jawa Timur. Fakta lain menunjukkan bahwa PT. PLN Area Jember belum mampu mengatasi permasalahan finansial, pelanggan,operasi pelayanan dan kapasitas sumber daya internal. Oleh karena itu penting untuk dilakukannya pengukuran kinerja PLN APJ Jember pada tahun 2012, 2013 dan 2014 melalui teknik Balanced Scorecardyang digagas Kaplan dan Norton. Hasil penelitian diharapkan bermanfaatdan memberikan kontribusi pada pertimbangan dan alternatif indikator pengukuran kinerja PT. PLN Area Jember viii dalam pengambilan keputusan sebagai langkah perbaikan kinerja pada tahun tahun selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Lokasi penelitian di PT. PLN APJ Jember,dengan menggunakan teknik purposive samplinguntuk memperoleh data dalam wawancara, dan teknik simple random sampling untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja pegawai melalui angket. Teknik analisis statistik deskriptif menggunakan formula BSC sebagai suatu metode, yaitu variabel perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran bertumbuh. Teknik keabsahan data menggunakan kepercayaan, reliabilitas dan kepastian, dan pada angket menggunakan uji reliabilitas internal dengan menggunakan Cronbach's Alpha. Hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan secara mandiri oleh PT. PLN Area Jember pada tahun 2012-2014 secara berturut-turut memperoleh 90,10; 87,88; 95,64 poin, sedangkan pengukuran kinerjayang dilakukan oleh penulis berturut-turuh sebagai berikut. Tahun 2012 menunjukkan nilai perspektif pada finansial 15,67; pelanggan 16,04; bisnis internal 28 dan pembelajaran bertumbuh 25,81; total nilai 85,52 dikatakan bahwa kinerja PLN Area Jember "Sangat Baik". Pada tahun 2013, perspektif finansial 12,81; pelanggan 8,66; bisnis internal 23,72 dan pembelajaran bertumbuh 25,00.; total nilai sebesar 70,28 dikatakan kinerja PLN Area Jember "Sangat Baik". Pada tahun 2014, hasil pengukuran perspektif finansial 15.21; pelanggan 9,48; bisnis internal 14,31 dan pembelajaran bertumbuh 24,62; total nilai yang diperoleh 63,62, dapat dikatakan kinerja PT. PLN Area Jember tahun 2014 "Baik". Dapat dikatakan bahwa PT. PLN Area Jember pada tahun 2012, 2013 dan 2014 tidak mampu meningkatkan kinerjanya dengan menggunakan besaran target base line traditional10%. 
546 |a id 
690 |a PENGUKURAN KINERJA 
690 |a PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA 
690 |a AREA PELAYANAN 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66076 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66076  |z Get Fulltext