Pengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember;

Program keahlian akuntansi di SMK merupakan program keahlian yang memuat suatu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik baik berupa konsep teori maupun praktek yang harus dilakukan. Peserta didik beranggapan bahwa akuntansi merupakan mata pelajaran yang sulit dan rumit terutama bagi kelas X. Hal...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Hasanah, Vityatun (Author)
其他作者: Umar HMS (Contributor), Wahyuni, Sri (Contributor)
格式: Academic Paper
出版: 2015-12-03T03:13:53Z.
主题:
在线阅读:Get Fulltext
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
LEADER 04504 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_66078
042 |a dc 
100 1 0 |a Hasanah, Vityatun  |e author 
100 1 0 |a Umar HMS  |e contributor 
100 1 0 |a Wahyuni, Sri  |e contributor 
245 0 0 |a Pengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember; 
260 |c 2015-12-03T03:13:53Z. 
500 |a Pengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember; Vityatun Hasanah, 090210301040; 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66078 
520 |a Program keahlian akuntansi di SMK merupakan program keahlian yang memuat suatu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik baik berupa konsep teori maupun praktek yang harus dilakukan. Peserta didik beranggapan bahwa akuntansi merupakan mata pelajaran yang sulit dan rumit terutama bagi kelas X. Hal tersebut menuntut guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam menyampaikan materi secara menarik, salah satunya dengan menggunakan modul pembelajaran. Penerapan Kurikulum 2013 di beberapa sekolah percontohan salah satunya di SMK Negeri 1 Jember tidak diimbangi dengan penyediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan dalam K13. Untuk mengatasi hal tersebut guru membuat handout sebagai bahan ajar yang disesuaikan dengan materi. Namun, penggunaan bahan ajar tersebut kurang memberikan hasil yang maksimal yang ditunjukkan dengan siswa kurang antusias dalam menggunakan bahan ajar (handout) tersebut, sering berbicara sendiri saat proses pembelajaran, guru masih harus mengulang-ulang penjelasannya, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Dengan demikian diperlukan pengembangan terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan agar lebih menarik, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit untuk siswa kelas X Ak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadai 3-D (define, design, dan ix develop). Ujicoba produk dilakukan sebanyak dua kali (terbatas dan lebih luas) dilakukan setelah tahap validasi modul oleh para validator. Ujicoba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas X Ak 2 dan ujicoba lebih luas dilakukan pada 39 siswa kelas X Ak 3 di SMK Negeri 1 Jember. Model pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Uji tingkat daya tarik media dengan menskor hasil angket respon siswa pada ujicoba terbatas dan lebih luas; (2) Uji tingkat efisiensi media diketahui dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran akuntansi dan siswa kelas X Ak; serta (3) Uji tingkat efektifitas modul dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest (sebelum menggunakan modul yang dikembangkan) dan postest (sesudah menggunakan modu yang dikembangkan). Hasil validasi tahap II menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul (bahan ajar) yang layak untuk diujicobakan dengan rata-rata skor penilaian oleh para validator 80,5%. Kemudian modul tersebut diujicobakan pada ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas, yang hasilnya menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul yang menarik, efisien, dan efektif. Pada ujicoba lebih luas diperoleh rata-rata hasil skoring respon siswa terhadap modul tersebut sebesar 83% (sangat menarik); rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 70,50% menjadi 90,89% dengan waktu belajar lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang dialokasi dalam silabus. Produk yang dihasilkan berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit yang menarik, efisien, dan efektif ini dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas X Ak sebagai bahan ajar dalam mempelajari akuntansi dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya. 
546 |a id 
690 |a Modul Akuntansi 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66078 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66078  |z Get Fulltext