Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SOS 2 SMA Negeri 4 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015,

Pembelajaran sejarah mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa masa lampau, agar peserta didik dapat mengambil makna yang terkandung dalam berbagai peristiwa sejarah. Namun peserta didik saat pembelajaran cenderung pasif dan kemampuan berpikir kritisnya kurang terasah. Untuk mengatasi per...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fitrianingsih, Rahayu (Author)
Other Authors: Umamah, Nurul (Contributor), Na'im, Moh (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-03T04:54:59Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04330 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_66155
042 |a dc 
100 1 0 |a Fitrianingsih, Rahayu  |e author 
100 1 0 |a Umamah, Nurul  |e contributor 
100 1 0 |a Na'im, Moh.  |e contributor 
245 0 0 |a Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SOS 2 SMA Negeri 4 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015, 
260 |c 2015-12-03T04:54:59Z. 
500 |a 110210302036 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66155 
520 |a Pembelajaran sejarah mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa masa lampau, agar peserta didik dapat mengambil makna yang terkandung dalam berbagai peristiwa sejarah. Namun peserta didik saat pembelajaran cenderung pasif dan kemampuan berpikir kritisnya kurang terasah. Untuk mengatasi permasalahan 7 tersebut dapat dilakukan dengan mengubah model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan model Project Based Learning. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang mengacu pada filosofis konstruktivisme, sehingga peserta didik dapat mengonstruksi pengetahuannya sendiri melalui pengalaman yang nyata. Sehingga penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah apakah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) bagi peneliti lain, sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis; (2) bagi pendidik, sebagai masukan dalam pemilihan model pembelajaran sesuai dengan materi pada pembelajaran sejarah; (3) bagi peserta didik, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki selama proses pembelajaran; (4) bagi sekolah yang diteliti, memberikan masukan dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di SMAN 4 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SOS 2, dengan jumlah 36 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan Kemmis dan MC Taggart dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 indikator kemampuan berpikir kritis yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat disimpulkan pada siklus 1 persentase 69,58% dengan kategori kurang baik. Pada siklus 2 meningkat 4,73% menjadi 74,31% dengan kategori cukup baik. Pada siklus 3 meningkat 8,47% menjadi 82,78% dengan kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif Pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 75%. Pada siklus 2 meningkat 5,56% menjadi 80,56%. Pada siklus 3 meningkat 5,55% menjadi 86,11% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran sejarah peminatan peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil 8 belajar sejarah peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. 
546 |a id 
690 |a Pembelajaran Berbasis Proyek 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66155 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66155  |z Get Fulltext