Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Metode Newman Pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegipanjang di SMPN 11 Jember;

Pelajaran matematika memiliki beraneka ragam karakteristik, salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam matematika. Kesulitan yang dialami siswa inilah yang memungkinkan terjadinya kesa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asih, Sekar Tyas (Author)
Other Authors: Sunardi (Contributor), Kurniati, Dian (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-07T04:26:23Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pelajaran matematika memiliki beraneka ragam karakteristik, salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam matematika. Kesulitan yang dialami siswa inilah yang memungkinkan terjadinya kesalahan ketika siswa menjawab soal. Melalui analisis kesalahan akan diperoleh bentuk dan penyebab kesalahan siswa, sehingga guru dapat memberikan jenis bantuan kepada siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi persegi dan persegipanjang berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil tes dan hasil wawancara. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VII F SMP Negeri 11 Jember, karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kelas VII F adalah kelas yang paling sering melakukan kesalahan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas VII F SMP Negeri 11 Jember dapat diketahui bahwa dalam menyelesaikan soal open ended materi persegi dan persegipanjang jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan membaca dan memahami soal (reading error and reading comprehension difficultaty), kesalahan transformasi (transform error), kesalahan dalam keterampilan proses (weakness in process skill), dan kesalahan dalam menggunakan notasi (encoding error). ix Kesalahan membaca dan memahami soal yang dilakukan siswa seperti kesalahan dalam membaca informasi ukuran panjang, lebar, sisi, luas, keliling dan satuan; tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya; dan menuliskan yang diketahui dan ditanya tapi tidak sesuai. Kesalahan transformasi yang dilakukan siswa seperti tidak menggunakan rumus yang tepat. Kesalahan keterampilan proses yang dilakukan siswa seperti melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan atau komputasi dan tidak melanjutkan perhitungan. Kesalahan dalam menggunakan notasi yang dilakukan siswa seperti salah dalam menuliskan kesimpulan dan tidak menuliskan kesimpulan. Untuk mengatasi kesalahan membaca dan memahami soal siswa harus lebih teliti dan konsentrasi lagi dalam membaca soal dan bila perlu mengulangi dalam membaca soal; siswa juga harus meningkatkan penguasaan bahasa untuk menambah pemahaman siswa terhadap permintaan soal. Jika terjadi kesalahan transformasi siswa harus lebih banyak berlatih soal dengan variasi yang berbedabeda agar daya ingat dan kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi prasyarat baik sifat, rumus maupun prosedur pengerjaannya lebih baik lagi. Bila siswa melakukan kesalahan keterampilan proses siswa harus lebih teliti lagi dalam memasukkan data atau pun dalam melakukan perhitungan; siswa harus mengecek kembali perhitungannya setelah selesai mengerjakan; siswa perlu banyak berlatih untuk menyelesaikan berbagai macam soal dengan variasi yang berbeda-beda agar menambah tingkat pemahaman, kemahiran serta keterampilan dalam berhitung; siswa harus meningkatkan kemampuan pemahaman konsep terhadap materi persegi dan persegipanjang baik luas maupun kelilingnya serta operasi dalam matematika. Sedangkan jika siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan notasi siswa perlu melakukan banyak latihan soal agar mampu meningkatkan kemampuan berhitungnya dan siswa harus membiasakan dirinya untuk menuliskan kesimpulan di setiap soal yang diberikan agar ketika diberikan soal sudah terbiasa.
Item Description:110210101024
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66836