PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PANTI 01 JEMBER

Markaban, (2006:3-4) menyatakan bahwa pembelajaran IPA harus mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran, sehingga ada perubahan dalam hal IPA yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sudah sewajarnya diuba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayatulloh, M. Khusnul (Author)
Other Authors: Nuriman (Contributor), Mutrofin (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-07T07:29:55Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03957 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_66919
042 |a dc 
100 1 0 |a Hidayatulloh, M. Khusnul  |e author 
100 1 0 |a Nuriman  |e contributor 
100 1 0 |a Mutrofin  |e contributor 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PANTI 01 JEMBER 
260 |c 2015-12-07T07:29:55Z. 
500 |a 110210204021 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66919 
520 |a Markaban, (2006:3-4) menyatakan bahwa pembelajaran IPA harus mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran, sehingga ada perubahan dalam hal IPA yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sudah sewajarnya diubah menjadi berpusat pada siswa. Situasi belajar yang diharapkan adalah siswa lebih banyak berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas. Keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan dalam kegiatan pembelajaran. Semakin baik model pembelajaran yang dipakai, semakin efektif pula pencapaian tujuan dari proses pembelajaran. Menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan pendekatan pembelajaran yang baik juga dibutuhkan aspek lain yaitu sumber belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang merupakan bagian dari sumber belajar, dimana media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Panti 01 Jember dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Panti 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan ada tidaknya homogen pada populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 0 = 0,675, kemudian harga 0 tersebut dibandingkan dengan harga dengan = 48 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 48 memiliki harga 2,011. Hasil tersebut membuktikan bahwa 0 < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh ℎ = 3,329, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 2,011. Diperoleh ℎ > (3,329 > 2,011), dengan demikian hipotesis nihil (0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember. 
546 |a id 
690 |a Media Kokami 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66919 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66919  |z Get Fulltext