SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN TERBAIK BERDASARKAN DESAIN KEMASAN PRODUK MENGGUNAKAN FUZZY AHP

Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) mengalami hal yang sama yaitu permasalahan dalam menentukan desain kemasan produk yang digunakan. Jumlah merek dan variasi produk air minum dalam kemasan yang banyak menimbulkan persaingan yang sangat ketat di pasaran. Hal tersebut menuntut produk-produk air...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pambudi, Pandu Dwi Luhur (Author)
Other Authors: Buhori, Saiful (Contributor), Retnani, Windi Eka Yulia (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-10T03:24:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03773 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_67213
042 |a dc 
100 1 0 |a Pambudi, Pandu Dwi Luhur  |e author 
100 1 0 |a Buhori, Saiful  |e contributor 
100 1 0 |a Retnani, Windi Eka Yulia  |e contributor 
245 0 0 |a SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN TERBAIK BERDASARKAN DESAIN KEMASAN PRODUK MENGGUNAKAN FUZZY AHP 
260 |c 2015-12-10T03:24:48Z. 
500 |a 112410101022 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67213 
520 |a Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) mengalami hal yang sama yaitu permasalahan dalam menentukan desain kemasan produk yang digunakan. Jumlah merek dan variasi produk air minum dalam kemasan yang banyak menimbulkan persaingan yang sangat ketat di pasaran. Hal tersebut menuntut produk-produk air minum dalam kemasan untuk siap bersaing dalam melakukan inovasi kemasan produk di pasar Indonesia. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis pasar mengenai pengaruh desain kemasan produk, yakni dengan melakukan survei terhadap konsumen produk air minum dalam kemasan. Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap desain kemasan produk air minum dalam kemasan. Ada empat produk air minum dalam kemasan yang akan diteliti dan dibandingkan yakni Aqua, Club, VIT, dan Cleo. Jenis produk dalam kemasan gelas, botol, dan galon yang akan diteliti. Keempat produk tersebut merupakan produk air minum dalam kemasan yang beredar di masyarakat dan melakukan pemasaran produk menggunakan tayangan iklan. Adapun variabel yang akan dianalisis yaitu pengaruh desain produk terhadap minat beli konsumen. Analisis penentuan desain kemasan produk terbaik dilakukan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Pada penelitian ini sistem pendukung keputusan akan menggunakan kombinasi metode Fuzzy dan Analitycal Hierarchy Proccces (AHP). Jani Rahardjo, (2010) dalam penelitiannya Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Dalam Seleksi Karyawan menjelaskan bahwa didalam penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pengambilan keputusan dengan banyak kriteria yang bersifat subjektif, seringkali seorang pengambil keputusan dihadapkan pada suatu permasalahan yang sulit dalam penentuan bobot setiap kriteria. Untuk menangani kelemahan AHP ini diperlukan suatu metode yang lebih memperhatikan keberadaan kriteria-kriteria yang bersifat subjektif tersebut. Salah satu metode pendekatan yang sering dipakai adalah konsep fuzzy. Konsep fuzzy yang dipakai dalam pengembangan AHP ini adalah model Fuzzy AHP dengan pembobotan non-additive yang dikembangkan oleh Yudhistira, dkk., (2000). Dengan pemahaman penelitian terdahulu maka penelitian mengenai pengaruh desain produk menggunakan metode Fuzzy AHP dikarekanan kriteria-kriteria yang digunakan banyak dan bersifat subjektif. Pembobotan dilakukan dengan cara melakukan survei kepada konsumen dengan menggunakan skala Likert untuk memberikan skor pada tiap kriteria. Hasil rata-rata dari survei yang dilakukan akan dijadikan acuan dalam menentukan bobot tiap kriteria. Analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang produk air minum dalam kemasan yang paling digemari oleh konsumen dengan cara perangkingan hasil pengolahan data pada sistem pendukung keputusan berdasarkan desain produk yang digunakan, serta dapat memberikan informasi mengenai kriteria desain apa saja yang paling mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk air minum dalam kemasan. 
546 |a id 
690 |a PENENTUAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN 
690 |a MENGGUNAKAN FUZZY AHP 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67213 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67213  |z Get Fulltext