PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA

Fisika banyak membahas tentang alam dan gejalanya mulai dari yang bersifat riil (nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental yang kuat. Untuk dapat memudahkan dalam pemahaman konsep fisika t...

पूर्ण विवरण

में बचाया:
ग्रंथसूची विवरण
मुख्य लेखक: Rosa, Geraldin Cintia (लेखक)
अन्य लेखक: Wahyuni, Sri (अंशदाता), Yushardi (अंशदाता)
स्वरूप: Academic Paper
प्रकाशित: 2015-12-11T11:24:21Z.
विषय:
ऑनलाइन पहुंच:Get Fulltext
टैग : टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
LEADER 04223 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_67376
042 |a dc 
100 1 0 |a Rosa, Geraldin Cintia  |e author 
100 1 0 |a Wahyuni, Sri  |e contributor 
100 1 0 |a Yushardi  |e contributor 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA 
260 |c 2015-12-11T11:24:21Z. 
500 |a 110210102090 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67376 
520 |a Fisika banyak membahas tentang alam dan gejalanya mulai dari yang bersifat riil (nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental yang kuat. Untuk dapat memudahkan dalam pemahaman konsep fisika tersebut, perlu adanya suatu kegiatan laboratorium. Hal ini sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika yang sangat memperhatikan proses dan produk. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan sampai saat ini sebagian besar masih disajikan dalam bentuk pembelajaran secara teoritis dan kurang memanfaatkan kegiatan laboratorium. Pelaksanaan kegiatan laboratorium juga terbatas pada materi tertentu saja, karena pada beberapa sekolah memiliki sarana yang tidak cukup lengkap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka digunakanlah laboratorium virtual. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian mengenai pengembangan buku panduan praktikum berbasis laboratorium virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji validitas buku panduan praktikum berbasis laboratorium virtual, (2) Mengkaji keterampilan proses sains siswa, (3) Mengkaji pemahaman konsep fisika siswa, serta (4) Mengetahui respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D dan bersifat deskriptif, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif untuk validitas buku panduan praktikum berbasis laboratorium virtual diperoleh sebesar 3,71 sehingga buku panduan praktikum memenuhi kriteria cukup valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan. Selanjutnya untuk keterampilan proses sains yang datanya diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, yaitu sebanyak 4 kali pertemuan dan portofolio berupa isian buku panduan praktikum laboratorium virtual diperoleh persentase rata-rata keterampilan proses sebesar 86,45% dan tergolong ke dalam kriteria baik. Pemahaman konsep fisika siswa yang terdiri dari pemahaman translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi yang datanya diukur melalui kegiatan post-test memperoleh persentase secara berturut-turut sebesar 85,56%, 87,7%, dan 70,56% yang dikategorikan sudah paham. Sedangkan untuk respon yang diberikan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan buku panduan praktikum laboratorium virtual pada materi alat-alat optik ini tergolong senang atau memberikan respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1) buku panduan praktikum berbasis laboratorium virtual pada materi alat-alat optik yang dikembangkan masuk ke dalam kategori cukup valid dan layak untuk digunakan, 2) keterampilan proses sains selama kegiatan belajar mengajar tergolong baik, 3) pemahaman konsep fisika siswa yang terbagi dalam 3 kategori yaitu pemahaman translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi kesemuanya sudah berkategori paham, dan 4) respon siswa yang memberikan hasil yang positif atau dengan kata lain siswa merasa senang dengan pembelajaran menggunakan buku panduan praktikum laboratorium virtual. 
546 |a id 
690 |a BUKU PANDUAN PRAKTIKUM 
690 |a LABORATORIUM VIRTUAL 
690 |a MATERI ALAT-ALAT OPTIK 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67376 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67376  |z Get Fulltext