PENGEMBANGAN PAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS TIPE PROBLEM POSING UNTUK SISWA KELAS XI SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

Matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan salah satu poin penting dalam pembelajaran matematika karena berpikir kreatif dalam matematika dapat membantu siswa dalam mengembangkan proses be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Saputra, M. Hapiz Yulia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-11T13:34:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04460 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_67398
042 |a dc 
100 1 0 |a Saputra, M. Hapiz Yulia  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN PAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS TIPE PROBLEM POSING UNTUK SISWA KELAS XI SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA 
260 |c 2015-12-11T13:34:48Z. 
500 |a 110210151006 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67398 
520 |a Matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan salah satu poin penting dalam pembelajaran matematika karena berpikir kreatif dalam matematika dapat membantu siswa dalam mengembangkan proses berpikir divergen. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan seiring dengan instrumen yang dapat menstimulasi kemampuan berpikir kreatif itu sendiri. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah paket tes berpikir kreatif matematis tipe problem posing. Problem posing merupakan tugas kepada siswa untuk mengajukan masalah sendiri yang kemudian dipecahkan sendiri atau dipecahkan teman lainnya. Aktivitas problem posing perlu dirancang sebaik mungkin agar mampu memunculkan aspek kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kelancaran (Fluently), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Berkaitan dengan hal tersebut, perlu adanya pengembangan paket tes berpikir kreatif matematis tipe problem posing untuk membantu para siswa dalam mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah proses dan hasil pengembangan paket tes berpikir kreatif tipe problem posing untuk siswa kelas XI SMK. Paket tes ini dikembangkan menggunakan model Thiagarajan atau lebih dikenal dengan 4D model yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengambangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 paket yaitu paket A dan Paket B. Masing-masing paket terdapat 4 informasi. Setiap informasi berisi 3 perintah sesuai dengan indikator yang diinginkan. Adapun indikator yang ingin dimunculkan yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Informasi yang diberikan dalam paket tes berhubungan dengan Matriks, Persamaan Garis Lurus, Fungsi Komposisi dan Invers, dan Trigonometri. Materi-materi tersebut diajarkan di jenjang SMK kelas XI semester gasal. Selain mengembangkan paket tes, juga dikembangkan instrumen lain yaitu kisi-kisi, alternatif jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Setelah instrumen selesai dibuat, instrumen tersebut diberikan kepada validator untuk divalidasi agar diperoleh hasil yang lebih baik. Setelah proses validasi tahap selanjutnya adalah uji keterbacaan. Uji coba ini dilakukan oleh 6 siswa, dimana 3 siswa menguji keterbacaan dari paket A dan 3 siswa menguji keterbacaan paket B. Berdasarkan hasil uji keterbacaan maka diperoleh paket tes yang siap diujikan di kelas besar. Uji coba ini dilakukan di kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Uji coba kelas besar diikuti oleh 33 siswa, dimana 17 siswa mengerjakan soal pada paket A dan 16 siswa mengerjakan soal pada paket B. Uji coba ini memberikan hasil bahwa paket tes sudah bisa digunakan. Hal itu ditunjukkan bahwa nilai validitas dari paket A dan paket B sudah memenuhi kriteria, sedangkan interpretasi reliabilitas dari paket A dan paket B berturut-turut adalah 0,69 dengan interpretasi "Tinggi" dan 0,84 dengan interpretasi "Sangat Tinggi". Hasil analisis tingkat kesukaran pada paket A menunjukkan bahwa 58,33% soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan 41,67% soal memiliki tingkat kesukaran sukar, pada paket B memberikan hasil 41,67% soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan 58,33% soal memiliki tingkat kesukaran sukar. Hasil analisis daya pembeda pada paket A menunjukkan bahwa 53,33% memiliki interpretasi cukup baik, dan 46,67% memiliki interpretasi jelek, pada paket B diperoleh hasil 50% memiliki interpretasi baik, 16,67% memiliki interpretasi cukup baik dan 33,33% memiliki interpretasi jelek. 
546 |a id 
690 |a PROBLEM POSING 
690 |a PAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67398 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67398  |z Get Fulltext