Analisis Efisensi Pemasaran Menurut Jenis Produk Pada PT. Aqua Pacifik Internasional

Setiap perusahaan yang mempunyai lebih dari satu jenis produk, tidak hanya menghadapi masalah komposisi produk saja, tetapi juga membutuhkan informasi mengenai berapa sumbangan dari masing-masing produk tersebut dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Maharani, Ardi (Author)
Other Authors: Gumanti, Tatang Ary (Contributor), Sudaryanto (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-18T02:25:42Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Setiap perusahaan yang mempunyai lebih dari satu jenis produk, tidak hanya menghadapi masalah komposisi produk saja, tetapi juga membutuhkan informasi mengenai berapa sumbangan dari masing-masing produk tersebut dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran setiap jenis produk pada PT. Aqua Pacific Internasional di Denpasar Bali dari tahun 1995-1999. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data seperti dokumentasi,wawancara, observasi, studi kepustakaan, sesuai dengan tujuan penelitian yang disebutkan sebelumnya maka penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu wawasan yang mendalam mengenai obyek suatu penelitian sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas sebagai dasar pelaksanaan kebijakan dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Top mampu menghasilkan laba kotor sebesar Rp 1006,934 untuk produk Skirt mampu menghasilkan laba kotor sebesar Rp.963,34 sedangkan untuk produk T-Shirt mampu menghasilkan laba kotor sebesar Rp. 830,48. Dari ketiga jenis prou tersebut yang paling efisien adalah produk Top. Secara umum ketiga jenis produk menunjukkan tingkat efisiensi biaya pemasaran yang cukup baik, dimana dengan efisiensi diatas 100%, berarti masing-masing jenis produk mampu menutup biaya pemasaran yang telah dikeluarkan dan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Secara khusus untuk produk Top efisiensi dicapai pada tahun 1999 dimana biaya pemasaran sebesar Rp.36.755.181,90 untuk produk Skirt efisiensi dicapai pada tahun 1999 yaitu sebesar Rp. 67.303.078,88 sedangkan untuk produk T-Shirt efisiensi terjadi pada tahun 1999 yaitu sebesar Rp.55090.242,OO.
Item Description:970810201446
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67833