Aplikasi Metode Goal Programming Untuk Menentukan Kombinasi Produk Yang Optimal Pada PT. Sukorejo Indah Textile Pasuruan

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari kombinasi produk optimal yang memberikan penyimpangan target contribusi margin dan target penjualan yang minimal. Pada penelitian ini, aplikasi metode Goal Programming akan diterapkan pada PT. Sukorejo lndah Textile Pasuruan dengan waktu pelaks...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Silvana (Author)
Other Authors: S, Soewanti (Contributor), Suroso, Imam (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-20T13:40:47Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari kombinasi produk optimal yang memberikan penyimpangan target contribusi margin dan target penjualan yang minimal. Pada penelitian ini, aplikasi metode Goal Programming akan diterapkan pada PT. Sukorejo lndah Textile Pasuruan dengan waktu pelaksanaan penelitian antara bulan Maret - Juli 2001. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan suatu studi kasus (Case Study). Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode Goal Programming untuk menghasilkan jumlah kombinasi produk yang optimal. Berdasarkan penelitian ini, PT. Sukorejo Indah Textile Pasuruan memproduksi sarung yang dibagi dalam 4 merk, yaitu Delima Merah, Wadimor, Wadimor Millenium dan Gold More. Target penjualan minimal yang diinginkan adalah 596.495 unit untuk Delima Merah, 373.660 unit untuk Wadimor, 395.720 unit untuk Wadimor Millenium dan 298.340 unit untuk Gold More. Perusahaan mentargetkan minimal Rp. 7.784.937.000,00 untuk contribusi marginnya. Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan meliputi biaya bahan baku dan bahan penolong, biaya tenaga kerja langsung, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum serta biaya semi variabel yang terdiri dari biaya solar mesin, biaya listrik, biaya pemeliharaan dan perawatan mesin dan biaya lain-lain FOH. Besarnya contribusi margin per unit dapat diperoleh dari kelebihan harga penjualan terhadap biaya variabelnya. Setelah melakukan analisa data dengan metode Goal Programming, maka dapat diketahui jumlah penjualan minimum serta contribusi margin per unit dari masing-masing jenis produk, yaitu sebanyak 596.793 unit dengan keuntungan Rp. 5.454,64 per unit untuk sarung Delima Merah, 373.66 unit dengan keuntungan Rp. 5.179,91 per unit untuk sarung Wadimor, 395.720 unit dengan keuntungan Rp. 6.796,94 per unit untuk sarung Wadimor Millenium, serta 298.340 unit dengan keuntungan Rp. 18.743,20 per unit untuk sarung Gold More. Adapun kelebihan target yang terjadi yaitu dari penjualan sarung Delima Merah sebanyak 298 unit (596.793 unit - 596.495 unit). Dari hasil perhitungan tersebut, contribusi margin yang akan diperoleh mengalami peningkatan sebesar Rp. 5.687.398.653,00 sehingga total keuntungan yang dapat dicapai perusahaan sebanyak Rp. 13.472.335.653,00.
Item Description:960810201228
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68015