Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Pokok

Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi energi...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
Hauptverfasser: Arif Wicaksono (VerfasserIn), Nuriman (MitwirkendeR), Agustiningsih (MitwirkendeR)
Format: Academic Paper
Veröffentlicht: UNEJ, 2015-12-22T03:08:07Z.
Schlagworte:
Online Zugang:Get Fulltext
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
LEADER 02310 am a22002533u 4500
001 repository_unej_123456789_68346
042 |a dc 
100 1 0 |a Arif Wicaksono  |e author 
100 1 0 |a Nuriman  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68346 
700 1 0 |a Nuriman  |e author 
700 1 0 |a Agustiningsih  |e author 
245 0 0 |a Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Pokok 
260 |b UNEJ,   |c 2015-12-22T03:08:07Z. 
520 |a Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model skema Hopkins yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 74,19 % (kategori baik), pada siklus II sebesar 80,22 % (kategori tinggi). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 6,02 %. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,13 , pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,81 . Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3,68 dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. 
546 |a id 
690 |a Aktivitas Belajar 
690 |a Hasil Belajar 
690 |a Penelitian Tindakan Kelas 
690 |a Metode Eksperimen 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68346 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68346  |z Get Fulltext