Analisis Kombinasi Biaya Promotional Mix serta Pengaruhnya terhadap Hasil Penjualan pada PT. Coca-Cola Amatil Indonesia di Surabaya.

Analisis Pengaruh Promotional Mix terhadap Hasil Penjualan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya, berkaitan dengan biaya-biaya promosi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, maka tujuan penelitian: untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel promotional mix terhadap hasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shobirin, Rochmat (Author)
Other Authors: Soegiharto (Contributor), Sudaryanto (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-26T09:29:50Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Analisis Pengaruh Promotional Mix terhadap Hasil Penjualan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya, berkaitan dengan biaya-biaya promosi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, maka tujuan penelitian: untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel promotional mix terhadap hasil penjualan baik secara serentak maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel promosi mana yang paling berpengaruh (dominan) terhadap hasil penjualan. Penelitian dilaksanakan dalam kurun waktu Februari 2002 s/d Maret 2002 bertempat di lingkungan PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data hasil penjualan, biaya promosi media periklanan, personal selling dan promosi penjualan. Metode pengumpulan data dalam penelitian survey ini adalah dengan observasi dan wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dan analisis metode simplex. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara bersama variabel periklanan, personal selling dan promosi penjualan berpengaruh besar sekali terhadap hasil penjualan. Sedangkan secara parsial promosi penjualan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil penjualan. Adapun kedua variabel lainnya yang diteliti memberikan pengaruh yang sedang terhadap hasil penjualan. Uji F untuk menguji koefisien secara bersama dan uji T untuk pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh-pengaruh tersebut signifikan (nyata) serta dari hasil kombinasi biaya promotional mix melalui metode simplex dapat ditentukan hasil penjualan paling optimal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama ketiga variabel promosi yang diteliti memberikan pengaruh yang besar dan nyata terhadap hasil penjualan, sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa variabel periklanan mempakan variabel yang paling berpengaruh terhadap hasil penjualan, maka dapat diberikan saran kepada PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya agar bisa mencapai hasil penjualan yang sebesar-besarnya harus dapat mempertahankan strategi periklanannya dan meningkatkan lagi strategi promosi penjualan dan personal sellingnya.
Item Description:970810201172
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68705