PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MENDESKRIPSIKAN PANCA INDERA DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN PADOMASAN 1 JEMBER

Pembelajaran kooperatif tumbuh dari suatu tradisi pendidikan yang menekankan berpikir dan latihan bertindak demokratis, perilaku kooperatif dan menghormati perbedaan dalam masyarakat. Dalam pelaksanaannya pembelajaran kooperatif dapat merubah peran guru dari peran terpusat ke peran pengelola aktifit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SATRIA, MIRZA (Author)
Other Authors: Masyhud, Sulthon (Contributor), Yuliati, Nanik (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-08T05:14:00Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04277 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_70777
042 |a dc 
100 1 0 |a SATRIA, MIRZA  |e author 
100 1 0 |a Masyhud, Sulthon  |e contributor 
100 1 0 |a Yuliati, Nanik  |e contributor 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MENDESKRIPSIKAN PANCA INDERA DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN PADOMASAN 1 JEMBER 
260 |c 2016-01-08T05:14:00Z. 
500 |a 100210204086 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70777 
520 |a Pembelajaran kooperatif tumbuh dari suatu tradisi pendidikan yang menekankan berpikir dan latihan bertindak demokratis, perilaku kooperatif dan menghormati perbedaan dalam masyarakat. Dalam pelaksanaannya pembelajaran kooperatif dapat merubah peran guru dari peran terpusat ke peran pengelola aktifitas kelompok. Sehingga dengan demikian peran guru yang selama ini monoton akan berkurang dan siswa akan semakin terlatih untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Menurut hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas IVA dan kelas IVB SD Negeri Padomasan 01, diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA masih kurang. Sesuai dengan permasalahan di SD Negeri Padomasan 01, pada pembelajaran IPA dibutuhkan model atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan hasil belajar siswa. Guru dalam proses belajar mengajar harus dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik, sehingga bahan pembelajaran yang disampaikan akan menjadi kebutuhan siswa. Untuk itu guru memerlukan model pembelajaran di dalam proses belajar mengajar yang sesuai dan menarik bagi siswa Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: "Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan mendeskripsikan panca indera dengan fungsinya di SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember?". Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: "untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan mendeskripsikan panca indera dengan fungsinya di SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember". Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji perbedaan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jisaw dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jisaw. Berdasarkan 26 subjek yang diamati pada kelas eksperimen terlihat bahwa rata-rata (mean) dari nilai siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 53,27 dan ratarata nilai siswa sesudah diberikan perlakuan adalah 87,50. Secara statistik ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai siswa sebelum dengan sesudah diberikan perlakuan yaitu sebesar 34,23. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil yang signifikan. Dari 26 subjek yang diamati pada kelas kontrol terlihat bahwa rata-rata (mean) nilai siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 53,27 dan rata-rata nilai siswa sesudah diberikan perlakuan adalah 56,73. Secara statistik ada perbedaan antara rata-rata nilai siswa sebelum dengan sesudah diberikan perlakuan yaitu sebesar 3,46. Pada kedua kelas sama-sama mengalami perubahan. Namun pada kelas eksperimen rata-rata nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. 
546 |a id 
690 |a Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw 
690 |a Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA 
690 |a Pokok Bahasan Mendeskripsikan Panca Indera dan Fungsinya 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70777 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70777  |z Get Fulltext