PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JEMBER

Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Department Store Jember untuk menghadapi dan memenangkan persaingan dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weakness...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TYAS, NUR ARINDANING (Author)
Other Authors: Dimyati, Mohamad (Contributor), Wahyono, Hadi (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-13T04:46:02Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02951 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_71316
042 |a dc 
100 1 0 |a TYAS, NUR ARINDANING  |e author 
100 1 0 |a Dimyati, Mohamad  |e contributor 
100 1 0 |a Wahyono, Hadi  |e contributor 
245 0 0 |a PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JEMBER 
260 |c 2016-01-13T04:46:02Z. 
500 |a 040 810 291 077 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71316 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Department Store Jember untuk menghadapi dan memenangkan persaingan dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities and Threats), yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Matahari Departement Store Jember sebagai dasar penentuan strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Departement Store Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dan menggunakan metode analisis SWOT, maka akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Matahari Department Store, dengan demikian dapat ditentukan penggunaan strategi pada Matahari Department Store Jember. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan internal perusahaan yaitu pimpinan serta karyawan Matahari Department Store Jember dan dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 55 responden, yang terdiri dari 5 responden berasal dari internal perusahaan yaitu manajer; asisten manajer; supervisor; koordinator; pramuniaga Matahari Department Store Jember, dan 50 responden berasal dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang paling tepat dan yang perlu diambil oleh Matahari Department Store Jember adalah Strategi Differensiasi (Differentation Stratgy), yaitu menitikberatkan pada membangun persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, merk, teknologi, jaringan distribusi, image, dan pelayanan. Perusahaan dapat menetapkan harga tinggi akan tetapi harus bisa menciptakan produk yang bagi konsumen tampak berbeda (lebih unggul/bermerk) daripada produk lain yang sudah ada sehingga tampak unik (different), untuk mempertahankan kinerja perusahaan, sebaiknya Matahari Department Store Jember perlu memperbaiki strategi pemasaran perusahaan dan semakin jeli dalam memperhatikan kondisi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, karena dalam penentuan strategi pemasaran pengidentifikasian terhadap lingkungan mutlak untuk dilakukan. 
546 |a id 
690 |a Strategi Pemasaran 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71316 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71316  |z Get Fulltext