PENERAPAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DASAR PADA SISWA KELAS VI DI SDN BUWEK RANDUAGUNG - LUMAJANG

Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KASIYANTO (Author)
Other Authors: Hariyadi, Slamet (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-22T02:10:02Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03304 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_71945
042 |a dc 
100 1 0 |a KASIYANTO  |e author 
100 1 0 |a Hariyadi, Slamet  |e contributor 
245 0 0 |a PENERAPAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DASAR PADA SISWA KELAS VI DI SDN BUWEK RANDUAGUNG - LUMAJANG 
260 |c 2016-01-22T02:10:02Z. 
500 |a 070210274024 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945 
520 |a Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelejaran IPA / SAINS, khususnya pada materi rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA / SAINS tentang rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buwek Randuagung yang terdiri dari 24 siswa, 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Buwek Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran rangkaian listrik dasar dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan diskusi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 50%; siklus II sebesar 83%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 96% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik dasar di SDN Buwek Randuagung - Lumajang. 
546 |a id 
690 |a Kombinasi Metode Eksperimen 
690 |a Diskusi 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945  |z Get Fulltext