EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica) JAVA IJEN RAUNG DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Kopi arabika Java Ijen-Raung merupakan kopi spesial di Indonesia, hasil dari perkebunan kopi rakyat di Bondowoso yang tumbuh di ketinggian minimal 1.000 mdpl. Pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung, terdapat beberapa pola saluran pemasaran dan melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusdianto, Novan (Author)
Other Authors: Kusmiati, Ati (Contributor), Soliha, Evita (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-01T01:33:05Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03327 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_73030
042 |a dc 
100 1 0 |a Kusdianto, Novan  |e author 
100 1 0 |a Kusmiati, Ati  |e contributor 
100 1 0 |a Soliha, Evita  |e contributor 
245 0 0 |a EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica) JAVA IJEN RAUNG DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO 
260 |c 2016-02-01T01:33:05Z. 
500 |a 111510601070 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73030 
520 |a Kopi arabika Java Ijen-Raung merupakan kopi spesial di Indonesia, hasil dari perkebunan kopi rakyat di Bondowoso yang tumbuh di ketinggian minimal 1.000 mdpl. Pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung, terdapat beberapa pola saluran pemasaran dan melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi saluran pemasaran. Desa sukorejo memiliki luas perkebunan kopi rakyat 650,44 ha atau 57,78% dari total luas perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pola saluran pemasaran kopi arabika di Desa Sukorejo, (2) Fungsi pemasaran apa saja yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaga pemasaran di Desa Sukorejo, (3) Efisiensi pemasaran kopi arabika pada masing-masing pola saluran pemasaran, (4) Strategi pemasaran (bauran pemasaran) kopi arabika di Desa Sukorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis saluran pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung di Desa Sukorejo yaitu Saluran Pemasaran I, Saluran Pemasaran II, dan Saluran Pemasaran III. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran hampir sama secara umum, meliputi: penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pembiayaan, informasi pasar, dan strandarisasi. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Saluran pemasaran I memiliki nilai margin pemasaran Rp 300/kg. Nilai margin pemasaran tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan saluran pemasaran II dan III dimana memiliki nilai margin pemasaran masingmasing Rp 825/kg dan Rp 800/kg. Strategi pemasaran kopi arabika Java Ijen- Raung di Desa Sukorejo menggunakan bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat pemasaran, dan promosi. Strategi pemasaran produk kopi arabika Java Ijen-Raung yaitu Strategi diversifikasi konsentris dengan memproduksi kopi sangrai. Strategi pemasaran harga kopi arabika Java Ijen- Raung yaitu Strategi penetapan harga dengan strategi mempertahankan harga dan strategi satu harga. Strategi pemasaran tempat kopi arabika Java Ijen-Raung yaitu Strategi distribusi selektif dan strategi saluran distribusi berganda menggunakan saluran kompetitif. Strategi pemasaran promosi yaitu Push strategy yang merupakan aktivitas promosi yang dilakukan produsen kepada perantara dengan tujuan untuk mempromosikan kopi arabika Java Ijen-Raung. Strategi pemilihan media menggunakan Cost-Per-Thousand-Contacts Comparisson. 
546 |a id 
690 |a KOPI ARABIKA 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73030 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73030  |z Get Fulltext