PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORTDENGAN TEKNIK MIND MAPPINGTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

Model pembelajaran aktif card sortmerupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Model pembelajaran aktif card sort belum memberikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Mustika Setianingrum, Mustika (Author), Slamet Hariyadi, Slamet (Author), Jekti Prihatin, Jekti (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-02-18T04:49:41Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Model pembelajaran aktif card sortmerupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Model pembelajaran aktif card sort belum memberikan gambaran yang nyata mengenai semua materi yang dipelajari sehingga perlu dipadukan dengan teknik mind mapping. Teknik mind mapping memberikan kemudahan untuk mengidentifikasi secara jelas dan kreatif materi yang dipelajari.. Metode penelitian pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif card sort dengan teknik mind mapping. Aktivitas siswa dianalisis menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan Anakova dan uji t (independent sample t test). Hasil belajar afektif dianalisis menggunakan menggunakan uji t (independent sample t test). Secara klasikal, hasil aktivitas siswa dalam setiap aspek adalah: memperhatikan gurusebesar 87,65%; diskusi di kelas sebesar 77,78%; mengerjakan tugassebesar 82,41%; menyampaikan pendapatsebesar 68,21%; dan menanggapi pendapat siswa lain sebesar 64,20%. Hasil uji t menunjukkan aktivitas siswa sangat signifikan karena probabilitas (P) <0,01. Secara klasikal, perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 11,1 daripada kelas kontrol sebesar 9,8. Data hasil kognitif (pre-test, post-test dan nilai tugas) dianalisismenggunakan Anakova dan uji t menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh signifikan karena probabilitas (P) <0,05. Hasil belajar siswa juga dapat dilihat dalam ranah afektif. Hasil uji t menunjukkan hasil yang signifikan karena probabilitas (P) <0,05
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73323