PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SDN GEBANG 01 JEMBER

Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan di SDN Gebang 01 Jember pada tanggal 4 Agustus 2015 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V masih rendah. Hal tersebut tampak dari hasil wawancara dengan guru kelas V yang menunjukkan bahwa guru belum pernah melibatkan siswa dal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Purnaningsih, Indah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-23T01:52:05Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02340 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_73536
042 |a dc 
100 1 0 |a Purnaningsih, Indah  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SDN GEBANG 01 JEMBER 
260 |c 2016-02-23T01:52:05Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73536 
520 |a Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan di SDN Gebang 01 Jember pada tanggal 4 Agustus 2015 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V masih rendah. Hal tersebut tampak dari hasil wawancara dengan guru kelas V yang menunjukkan bahwa guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada latihan pengerjaan soal atau driil dan prosedural menyebabkan aktivitas siswa kurang optimal untuk meningkatkan pengembangan kemampuannya. Selain itu, berdasarkan hasil dokumentasi nilai yang diambil dari siswa kelas IV semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa dari 44 siswa, sebanyak 63,64% mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; b) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; c) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?. 
546 |a id 
690 |a PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73536 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73536  |z Get Fulltext