PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER

Hasil belajar yang baik harus didukung oleh pembelajaran yang berkualitas, yaitu bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu dan daya berpikir kritis terhadap suatu masalah. Pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan dan daya kreatifitas siswa didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan dan penata...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alviyan, Dedy (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-23T02:00:34Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02573 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_73542
042 |a dc 
100 1 0 |a Alviyan, Dedy  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER 
260 |c 2016-02-23T02:00:34Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73542 
520 |a Hasil belajar yang baik harus didukung oleh pembelajaran yang berkualitas, yaitu bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu dan daya berpikir kritis terhadap suatu masalah. Pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan dan daya kreatifitas siswa didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan dan penataan lingkungan di dalam kelas. Oleh sebab itu, perlu dipilih suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang tepat untuk memungkinkan siswa belajar secara optimal dan mengembangkan kreativitas adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Kepatihan 06 Jember sejak tanggal 3 Agustus sampai dengan tanggal 17 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau quasi experimental dengan pola Non Equivalent Control Group atau Non-Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan populasi homogen atau tidak homogen. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 0 = 1,849, kemudian harga 0 tersebut dibandingkan dengan harga dengan = 77 pada x taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 77 memiliki harga 1,994. Hasil tersebut membuktikan bahwa populasi homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. 
546 |a id 
690 |a PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73542 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73542  |z Get Fulltext