Efisiensi pemasaran dan prospek usaha telur ayam ras (Studi kasus di desa Balungkulon kecamatan Balung kabupaten Jember)

Telur Ayam Ras merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai pemenuhan gizi. Desa Balungkulon merupakan sentra produksi telur ayam ras yang menduduki peringkat kedua di Kabupaten Jembcr. Petemakan ayam ras petelur sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NISA, ANIS KHOIRUN (Author)
Other Authors: Syafi'i, Imam (Contributor), Aji, Joni Murti Mulyo (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-05-11T06:32:40Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Telur Ayam Ras merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai pemenuhan gizi. Desa Balungkulon merupakan sentra produksi telur ayam ras yang menduduki peringkat kedua di Kabupaten Jembcr. Petemakan ayam ras petelur sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Jembcr khususnya di Desa Balungkulon, karena di desa ini memiliki iklim yang cocok bagi pengembangan usuha peternakan ayam cas petelur. Di Desa Balungkulon pemasaran telur ayam ras sudah meluas hingga ke beberapa kecamatan disekitarnya. Harga telur ayam ras sangat berfluktuasi sehingga memerlukan suatu penangan permasaran yang lebih serius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (I) saluran pemasaran telur ayam ras di Desa Balungkulon; (2) Efisiensi pemasaran telur ayam ras; (3) pengaruh harga ditingkat pengecer tcrhadap besarnya marjin pemasaran; (4) efisiensi pcnggunaan biaya produksi oleh peternak ayam ras petelur; (5) prospek usaila petemakan ayam ras petelur. Metode pcnelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalab metode diskriptif komparatif korelasional. Alat analisis yang digunakan adalah analisis efisiensi pemasaran dan analisis marjin pemasaran, uji-t, analisis R/C ratio, seeta analisis SWOT. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat tiga saluran pcmasaran di Dcsa Balungkulon diantaranya adalah saluran pemasaran I yang terdiri dari peternak dan konsumen, saluran pemasaran IT yang terdiri dari petemak, pedagang pengecer dan konsumen, saluran pemasaran ini yang terdiri dari petemak, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. Ketiga saluran pemasaran yang ada di Desa Balungkulon adalah efisien, harga ditingkat pengecer berpengaruh nyata terbadap besamya marjin pcmasaran, penggunaan biaya produksi oleh petemak ayam ras petelur adalahefisien.
Item Description:991510201105
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73877