Penerapan Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang Tahun Ajaran 2015/2016

Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rumusan masalah yang digunakan dala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Anita Maydiah Rahmawati (Author), Singgih Bektiarso (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-05-30T03:39:35Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang pada pembelajaran materi sumber daya alam dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami sudah baik dan meningkat pada setiap siklus. Peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dari prasiklus sebesar 68% meningkat menjadi 78% pada siklus I dan sama-sama masuk dalam kriteria cukup aktif, kemudian meningkat lagi menjadi 83% pada siklus II dan masuk dalam kriteria aktif. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 68 dengan kategori cukup meningkat menjadi 76 pada siklus I dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 82 dengan kategori sangat baik.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74262