Penerapan Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang Tahun Ajaran 2015/2016

Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rumusan masalah yang digunakan dala...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Principais autores: Anita Maydiah Rahmawati (Autor), Singgih Bektiarso (Contribuinte), Agustiningsih (Contribuinte)
Formato: Academic Paper
Publicado em: UNEJ, 2016-05-30T03:39:35Z.
Assuntos:
Acesso em linha:Get Fulltext
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
LEADER 02472 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_74262
042 |a dc 
100 1 0 |a Anita Maydiah Rahmawati  |e author 
100 1 0 |a Singgih Bektiarso  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74262 
700 1 0 |a Singgih Bektiarso  |e author 
700 1 0 |a Agustiningsih  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang Tahun Ajaran 2015/2016 
260 |b UNEJ,   |c 2016-05-30T03:39:35Z. 
520 |a Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang pada pembelajaran materi sumber daya alam dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami sudah baik dan meningkat pada setiap siklus. Peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dari prasiklus sebesar 68% meningkat menjadi 78% pada siklus I dan sama-sama masuk dalam kriteria cukup aktif, kemudian meningkat lagi menjadi 83% pada siklus II dan masuk dalam kriteria aktif. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 68 dengan kategori cukup meningkat menjadi 76 pada siklus I dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 82 dengan kategori sangat baik. 
546 |a id 
690 |a Metode Diskusi Buzz Group, Media Kokami, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74262 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74262  |z Get Fulltext